Senin, 20 Maret 2017

Desain Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer

Nama                   : Rastiko Kuncorojati
Npm                     : 58414937
Kelas                    : 3IA20
Dosen                   : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah         : Pengantar Teknologi Game
BAB 2
Desain Skenario, Script dan Storyboard Game
Komputer
1.      Desain Skenario
            Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game.
Istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.


2.      Script
            Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.  Sebuah skrip pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, dan interaktif serta terlihat lebih bagus dengan resiko memuat nya yang lama. Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.

3.      STORY BOARD
Story board merupakan sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai dengan naskah , story board ini berfungsi untuk menuangkan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah sehingga kita dapat menghayal sesuai dengan dunia nyata dan mempunyai alur cerita yang jelas.

3.1       STORY BOARD PADA GAME
Story board pada game ini sedikit mempunyai perbedaan dari story board animasi , perbedaan adalah dimana story board game terdapat goal/mission yang akan dibuat pada game tersebut . kalau story board pada game menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri apa tergantung dari jenis game. Contoh yang mudah adalah game arcade , dalam game arcade story boardnya terletak pada saat pemain game mendapat nilai setinggi mungkin.

3.2     STORY BOARD PADA ANIMASI
Story board animasi ini mencerintakan tentang alur narasi dari sebuah cerita , story board animasi ini sebagai acuan supaya animator dalam pembuatan animasi tidak melenceng dari yang dibuat pada storyboard. padahal game dan animasi hamper sama story boardnya hanya beda melalui media yang digunakan untuk membikin sebuah storyboard.


Sumber :

http://aziz4setiawan.blogspot.co.id/2015/04/desain-skenario-game.html

http://fineblogge.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-script.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar