Minggu, 23 April 2017

Review Game Yang Menggunakan Artificial Intelligence

Nama                        : Rastiko Kuncorojati
NPM                          : 58414937
Kelas                         : 3IA20
Dosen                       : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah            : Pengantar Teknologi Game


BAB 3


Penulisan

Game Pacman





Permainan AI dalam game ini digunakan untuk mencari jalur yang terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu – hantu (komputer) yang mejadi musuh Pacman pat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika dang Pacman memakan bola yang bias membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman sepatnya. Tndakan serti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatanhal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.

Game Catur



Game pada komputer dapat dimainkan secara multiplayer maupun singleplayer, permainan game catur pada komputer ini memiliki ai/artificial intelligence ketika kita melawan komputer atau bermain single player. Maka pihak dari musuh akan berjalan secara bergantian sehabis player berjalan, pada artificial intelegence game ini menggunakan algoritma minimax yaitu algoritma yang digunakan pada permainan dua player yang memiliki AI atau pada zero sum games, pengecekan akan dilakukan untuk mencari semua kemungkinan yang ada.


Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tadi. Akan dibutuhkan resource dengan skala besar untuk menangani pencarian pohon solusi tersebut karena kombinasi kemungkinan pada permainan catur sangat banyak. Sehingga musuh atau komputer berjalan dengan mencari segala solusi dan kemungkinan – kemungkinan yang ada pada game tersebut.

Refrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar