Nama
: Rastiko Kuncorojati
NPM
: 58414937
Kelas
: 3IA20
Dosen
: Syefani
Rahma Deski
Mata
Kuliah :
Pengantar Teknologi Game
BAB 3
Penulisan
Game
Pacman
Permainan AI dalam game ini digunakan untuk
mencari jalur yang terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat
kita lihat bahwa hantu – hantu (komputer) yang mejadi musuh Pacman pat
mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung
sang Pacman (pemain). Bahkan ketika dang Pacman memakan bola yang bias membuat
si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang
Pacman sepatnya. Tndakan serti itu memang terlihat mudah namun pada
kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatanhal
tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang
awam.
Game
Catur
Game pada komputer dapat dimainkan secara
multiplayer maupun singleplayer, permainan game catur pada komputer ini
memiliki ai/artificial intelligence ketika kita melawan komputer atau bermain
single player. Maka pihak dari musuh akan berjalan secara bergantian sehabis
player berjalan, pada artificial intelegence game ini menggunakan algoritma
minimax yaitu algoritma yang digunakan pada permainan dua player yang memiliki
AI atau pada zero sum games, pengecekan akan dilakukan untuk mencari semua
kemungkinan yang ada.
Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon
permainan yang berisi semua kemungkinan tadi. Akan dibutuhkan resource dengan
skala besar untuk menangani pencarian pohon solusi tersebut karena kombinasi
kemungkinan pada permainan catur sangat banyak. Sehingga musuh atau komputer
berjalan dengan mencari segala solusi dan kemungkinan – kemungkinan yang ada
pada game tersebut.
Refrensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar