Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan
mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai
(User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User interface berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis
penngetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan
paduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti
apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.
Desain
user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan
unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya,
atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi
kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori
yang dikemukakan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers
University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain
user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player
Immersion in FPS Games.Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface
yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display,
merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain
sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan
bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di
atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi
karakter dalam permainan.
Tujuan Interface User
a. Menyesuaikan
antar muka pengguna dengan tugas
b. Mmebuat
antar muka pengguna menjadi efisien
c. Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna
d. Memunculkan
pertanyaan – pertanyaan yang dapat dimanfaatkan
e. Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
Manfaat Antar Muka
(Interface)
Untuk menghubungkan
atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga
computer yang digunakan.
Sumber :
https://defikristiana.wordpress.com/2016/02/11/antar-muka-pengguna-user-interface/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar