Nama
: Rastiko Kuncorojati
NPM
: 58414937
Kelas
: 3IA20
Nama Dosen
: Syefani Rahma Deski
Mata
Kuliah : Pengantar Teknologi Game
BAB 7
Penampilan Grafik Scene Game Komputer : Visibility,
Level of Detail
Penulisan
1. Visibility
Visibility adalah tampilan
grafik dari scene game pada komputer. Yaitu,bagaimana sebuah game terlihat oleh
user agar menarik dan berkualitas sehingga user dapat menikmati game
tersebut.Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenernya istilah
tersebut tidak beda jauh dari scene 2D. Hanya saja 2.5D memiliki beberapa
fitur tambahan berupa efek cahya dan sebagainya yang dibuat agar seakan – akan
menterupai scene 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D
sedangkan pada istilahh game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric
projection.
Game bertipe ini menggunakan 2
macam tipe pemodelan , yaitu :
a. 3 Dimensi object/model
Ini merupakan model/object 3D
yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama,bangunan,object – object.
Object 3D seperti ini biasanya menggunakan program seperti 3Ds Max,Maya,Hash
dan Blender.
b. 2 Dimensi Graphhic
Gambar 2D juga berperan dalam
membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object,sebagai latar belakang
seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk
speedometer pada game racing.
2. Level of Detail
Dalam komputer grafis, untuk
tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi obje 3D seperti
bergerak menjauh sesuai matriksnya,kecepatan sudut pandang – relative atau
posisi. Tingkat teknik detail pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas
visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek
muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Untuk konsep menggambar LOD
sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci, konse dasar bisa
disamaratakan. Teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol
kompleksitas pixel.
a. Terrain LOD
Terrain merupakan model yang
sangat besar, membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak
mungkin,maka metoda untuk mengotomasikan pembangkitan terrain merupakan hal
biasa. Terrain LOD itu menggunakan teknik Level of Detail untuk mengontrol
objek yang akan di render. Teknik Level of Detail mempunyai banyak jenis, salah
satunya adalah Terrain LOD.
Hubungan Terrain LOD dengan
Triangle Bintree (Binary Triangle Trees)
Hubungan Terrain LOD dengan
Triangle Bintree (Binary Triangle Trees) yaitu pada bagaimana data itu dibagi
pada terrain, terdapat pohon yang dikenal sebagai Triangle Bintrees (Binary
Triangle Trees) dan Quadtrees. Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees)
merupakan sebuah representasi populer permukaan medan yang elevasi telah sampel
pada interval jarak teratur yaitu triangulalsi subset dari titik sampel yyang
terdiri dari sumbu blok,segitiga siku – siku isosceles. Triangulasi terdiri dari
segitiga yang hanya memiliki tiga simpul pada batas mereka.
Gambar Triangle Bintrees 3
simpul :
Gambar Triangle Bintrees 4
simpul :
Sumber :
http://farizkiridwan.blogspot.co.id/2013/07/visibility-pengantar-teknologi-game.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar