Kamis, 18 Mei 2017

User Interface Pada Game Komputer

Nama                   : Rastiko Kuncorojati
NPM                     : 58414837
Kelas                    : 3IA20
Dosen                  : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah       : Pengantar Teknologi Game            

BAB 6 
User Interface pada Game Komputer
Tugas

Dalam sebuah game terdapat user penting bagi pemain yaitu User Interface (UI). Desain User Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi ini dapat langsung dapat dihubungkan ke UI, sebagian terkait atau tidak sama sekali. 
Desain antarmuka (interface) dalam aplikasi computer adalah suatu rancangan dari sebuah aplikasi atau software, mobile devices,websites maupun games yang focus pada pengalaman antara pengguna aplikasi tersebut. Desain antarmuka (interface) berfungsi untuk memudahkan pemakai dalam menggunakan aplikasi komputer maupun devices lain secara efektif dan efisien.Akan tetapi desain antarmuka dalam games terdapat unsur fiksi yang melibatkan pemain atau pengguna sebenarnya dalam bentuk (avatar).
Sedangkan definisi dari User Interface disebut “UI” atau secara terjemah berarti “antarmuka”, adalah cara dimana pengguna yang baik memberikan pengalaman “user friendly”, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat keras dengan cara alami dan intuitif.  Jika desain UI kurang baik maka akan berdampak pada pemain yang berujung dengan kurangnya pemain dari game tersebut. Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :

1.     Diegetic

Elemen user yang diegetic ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui, audible atau haptic. Elemen UI diegetic yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Greed. Assassin’s Greed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain – pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristic daripada sejarah.

2.     Meta

Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game,namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh,yang paling jelas dalam efek ditampilkan dilayar seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.

3.     Spatial

Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenernya atau  player. Pemain menjadi elemen tak terlihat,tapi kunci untuk cerita sebagian terkait atau tidak sama sekali.

4.     Non-Diagetic

Lalu ada elemen non-tradisonal , elemen – elemen ini memiliki kebebasan untuk benar – benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya fikir unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetic,meta dan spasial memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.

Refrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar