Nama
: Rastiko Kuncorojati
NPM
: 58414837
Kelas
: 3IA20
Dosen
: Syefani Rahma Deski
Mata
Kuliah :
Pengantar Teknologi Game
BAB 6
User Interface pada
Game Komputer
Tugas
Dalam sebuah game
terdapat user penting bagi pemain yaitu User Interface (UI). Desain User
Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi ini dapat langsung
dapat dihubungkan ke UI, sebagian terkait atau tidak sama sekali.
Desain antarmuka
(interface) dalam aplikasi computer adalah suatu rancangan dari sebuah aplikasi
atau software, mobile devices,websites maupun games yang focus pada pengalaman
antara pengguna aplikasi tersebut. Desain antarmuka (interface) berfungsi untuk
memudahkan pemakai dalam menggunakan aplikasi komputer maupun devices lain
secara efektif dan efisien.Akan tetapi desain antarmuka dalam games terdapat
unsur fiksi yang melibatkan pemain atau pengguna sebenarnya dalam bentuk
(avatar).
Sedangkan definisi
dari User Interface disebut “UI” atau secara terjemah berarti “antarmuka”,
adalah cara dimana pengguna yang baik memberikan pengalaman “user friendly”,
yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak atau
perangkat keras dengan cara alami dan intuitif. Jika desain UI kurang
baik maka akan berdampak pada pemain yang berujung dengan kurangnya pemain dari
game tersebut. Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang
diantaranya adalah :
1. Diegetic
Elemen user yang diegetic ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga
pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui, audible atau
haptic. Elemen UI diegetic yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan
pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan
terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah
Assassin’s Greed. Assassin’s Greed berhasil menggunakan banyak pola diegetic
meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain – pemain menggunakan
sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristic
daripada sejarah.
2. Meta
Gambaran yang bisa
muncul dalam dunia game,namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk
pemain. Contoh,yang paling jelas dalam efek ditampilkan dilayar seperti
percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.
3. Spatial
Desain user interface
dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan
fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenernya atau player.
Pemain menjadi elemen tak terlihat,tapi kunci untuk cerita sebagian terkait
atau tidak sama sekali.
4. Non-Diagetic
Lalu ada elemen
non-tradisonal , elemen – elemen ini memiliki kebebasan untuk benar – benar
dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual
mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya
fikir unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetic,meta dan spasial
memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.
Refrensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar